Usia Kehamilan 9 Bulan

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Usia Kehamilan 9 Bulan

By Alvimann @morguefile.com

Pada akhir masa kehamilan ini terjadi beberapa peristiwa penting seperti perubahan fisiologis ibu, keluhan ibu hamil, perubahan emosi ibu, serta proses pematangan janin. Saat usia kehamilan 9 bulan ibu perlu mempersiapkan beberapa hal untuk menghadapi persalinan.

Proses Fisiologis Ibu Hamil

Fundus uterus mencapai 3 jari bawah proxesus xifoideus. Jika diukur dengan metelin panjangnya mencapai 33-37 cm. Bentuk rahim dari luar terlihat membesar dan melebar, pusat menonjol, dan epigastrium lemas. Kepala janin memasuki pintu atas panggul pada usia kehamilan 36 minggu.

Pada usia hamil 9 bulan ini ibu akan menemukan his palsu. Ciri his palsu tersebut adalah nyeri berpusat pada perut saja, ringan, tidak teratur, jarak nyeri lebih dari 5 menit, dan hilang apabila digunakan untuk berjalan-jalan atau istirahat. His palsu ini tidak didahului pengeluaran darah dari jalan rahim.

Perubahan Emosi

Semua ibu akan mengalami kekhawatiran ketika memasuki usia kehamilan 9 bulan. Pertanyaan-pertanyaan seputar proses melahirkan kerap dikemukakan ibu pada perempuan yang baru melahirkan. Kekhawatiran ini dapat menimbulkan stres kehamilan yang menghambat proses persalinan. Untuk itu, ibu perlu dukungan mental dari orang-orang terdekatnya.

Keluhan Ibu

Intensitas BAK meningkat, kaki bengkak, wasir, dan sesak nafas merupakan keluhan yang biasa terjadi pada masa akhir kehamilan. Keluhan bengkak kaki menjadi berbahaya apabila diikuti dengan kenaikan tekanan darah dan adanya protein urine. Sesak nafas yang menyebabkan ibu pingsan atau mengganggu aktivitas perlu dicurigai sebagai gejala penyakit jantung.

Perkembangan Janin

Pada usia kandungan 9 bulan janin Anda semakin matang dengan panjang badan 45-50 cm dan berat badan lebih dari 2500 gram. Jaringan lemak di bawah kulit telah menebal sehingga kulit bayi lembut dan kenyal. Permukaan kulit bayi diselimuti verniks kaseosa dan lanugo. Organ-organ dalam telah sempurna, termasuk genetalia. Rambut tumbuh lebat, tulang-tulang telah kuat, dan posisi kepala antefleksi. Bayi siap dilahirkan.

Otak janin telah membentuk sebuah jaringan. Sinaps dan selubung myelin terus disempurnakan untuk mendukung proses berpikir janin.  Kedua bagian tersebut akan terus dibentuk hingga dewasa. Beberapa sel-sel otak janin akan mengalami kematian secara alami pada usia kehamilan 9 bulan. Untuk meminimalkannya ibu perlu memberikan stimulasi otak sehingga jaringan menjadi kuat.

Karena ukuran janin telah membesar dan bagian kepala memasuki pintu atas panggul, maka pergerakan janin banyak berkurang. Di samping itu, antibodi dari ibu banyak ditransfer ke bayi yang akan digunakan selama 6 bulan pasca persalinan. Setelah itu, bayi akan membentuk sistem kekebalannya sendiri.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Page #Umur Kehamilan 9 Bulan #Usia Hamil 9 Bulan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Usia Kehamilan 9 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.