Imunisasi HiB pada Bayi dan Balita

In Persalinan Bayi 36546 views
Kesehatan itu Nomor 1, Tingkatkan Daya Tahan Tubuhmu dengan Vitamin C Sidomuncul

Imunisasi HiB pada BayiImunisasi HiB adalah imunisasi tambahan yang diberikan kepada bayi atau balita sebagai pelengkap imunisasi wajib. Sesuai dengan jadwal imunisasi terbaru dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) imunisasi HiB diberikan sejak bayi berumur 2 bulan dengan jumlah ulangan sebanyak 4 kali. Pertanyaannya, perlukah imunisasi HiB ? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak penjelasan berikut.

Tujuan Imunisasi HiB

Manfaat imunisasi HiB (Haemophilus Influenzae type B) adalah untuk mencegah penyakit meningitis. Meningitis sendiri merupakan infeksi radang otak dan  penutup sumsum tulang belakang yang bisa menyebabkan kerusakan otak kekal serta ketulian. Selain itu, imunisasi ini juga dapat mencegah pneumonia (radang paru-paru), pembengkakan parah di tenggorokan yang bisa menyulitkan bernafas, serta beragam infeksi seperti: darah, sendi, dan tulang. Itulah pentingnya imunisasi HiB.

Cara Pemberian Imunisasi HiB

Vaksinasi HiB dapat diberikan secara terpisah maupun kombinasi dengan vaksin lain. Cara pemberiannya disuntikkan di bagian paha kaki bayi.

Efek Samping Imunisasi HiB

Setelah di imunisasi HiB umumnya bayi tidak mengalami efek samping atau dampak buruk yang berarti. Artinya efek imunisasi HiB yang ditimbulkan cukup ringan. Kalau pun ada nyeri di bagian yang disuntik itu merupakan sesuatu yang wajar.

Biaya Imunisasi HiB

Berhubung imunisasi ini tidak disubsidi oleh pemerintah, maka harganya bisa dibilang cukup mahal jika dibandingkan dengan imunisasi wajib yang memang disubsidi oleh pemerintah. Biaya imunisasi HiB adalah Rp228.000/tahun 2012 di salah satu balai imunisasi di Bandung. Harga imunisasi HiB tersebut belum termasuk PPN 10% dan jasa vaksinasi bayi.

Referensi lain: www.cdc.gov/vaccines

Tags: #Bayi Kembar Siam #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Page #Page #Persalinan Bayi

Pengobatan Syaraf Kejepit Bandung Cimahi Tanpa Operasi & Obat
Pengobatan Syaraf Kejepit Bandung Cimahi Tanpa Operasi & Obat
Kesehatan itu Nomor 1, Tingkatkan Daya Tahan
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Kesehatan itu Nomor 1, Tingkatkan Daya Tahan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
Kesehatan itu Nomor 1, Tingkatkan Daya Tahan
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
Kesehatan itu Nomor 1, Tingkatkan Daya Tahan
  1. author

    hikmat9 years ago

    salam…boleh ngga vaksinasi HIB pertama, sedangkan usia bayi udah masuk bulan keempat (vaksinasi usia 2bulan kelewat)

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP9 years ago

      Salam juga pak, setahu saya boleh saja pak. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

      Reply
  2. author

    kartika9 years ago

    salam….sy mau nanya…anak sy umur 2 tahun 7 bulan,belum lama ini dia jatuh dr tangga,sempet di jahit satu jahitan…,dia belum sempat sy imunisasi HIB,karena dananya….yg sy tanya bisa ga kl imunisasi seumur anak saya dan dia kan bekas jatuh yg saya takutkan ada kemungkinan ga kena radang otak atau semacamnya itu…..?terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP9 years ago

      Imunisasi HIB sebaiknya dilakukan sesuai dengan usia bayi yakni sejak usia 2 bulan dan diulang sebanyak 4 kali. Sesuai dengan jadwal imunisasi IDAI, imunisasi HIB akhir atau ke-4 dilakukan saat usia bayi berumur 15-18 bulan.

      Reply
  3. author

    ifa9 years ago

    salam…anak saya umur 3 bln,saya baru tau klo ada imunisasi HIB. kira2 boleh g umur 3 bln imunisasi HIB? trima kasih sebelumnya

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP9 years ago

      Tidak apa2 bun daripada tidak sama sekali.

      Reply
  4. author

    kitty9 years ago

    anak sy sdh berusia 17 bulan , tp sy bru tau imunisasi HIB itu penting…msih bisakah anak sy mndaptkn imunisasi HIB – ? tq atas info nya

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP9 years ago

      Imunisasi HIB sebaiknya dilakukan sesuai dengan jadwal.

      Reply
      • author

        Sugi9 years ago

        Maskudnya sudah terlambat, kalau memang sebaiknya ya tepat waktu. Berhubung terlambat tahunya, bagaimana Pak? Apakah boleh tetap diberikan? terima kasih atas jawababnya

        Reply
        • author
          Author

          Catur HP9 years ago

          Setahu saya ya boleh2 saja, tapi tujuan imunisasinya tidak akan semaksimal jika tepat waktu.

          Reply
  5. author

    Lia9 years ago

    Kalo qt udh ksh vaksin HiB apkh qt jg hrs mlakukn vaksin2 yg lainya ?

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP9 years ago

      Ya harus, kan masing2 vaksin mempunyai manfaat yang berbeda-beda

      Reply
  6. author

    diana9 years ago

    Anak saya skrg usia”na 5 bulan dan sdh 2x imunisasi hib, wkt yg pertama nd’demam, tp wkt yg k2 demam.. gmn tuh pak?? Trus blkg saya dpt info kt’nya imunisasi hib myebabkn anak idiot atau autis.. apakh benar? Gmn dgn anak saya? Saya jd khawatir nih.. mohon pjelasannya ya…
    Terima ksh sblmnya…

    Reply
    • author
      Author

      Catur HP9 years ago

      Demam atau tidaknya bayi setelah imunisasi tergantung kondisi si bayi. Sepanjang yang saya ketahui, imunisasi HiB tidak menyebabkan anak idiot atau autis.

      Reply
1 2

Leave a reply "Imunisasi HiB pada Bayi dan Balita"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.